Author Avatar

admin

0

Share post:

“Tahapan Dalam Konstruksi Industri Yang Perlu Tahu di Medan

Info : Klik Tahapan Dalam Konstruksi Industri Yang Perlu Tahu di Medan

Tahapan
Membangun Sanitasi Bangunan

Sanitasi adalah suatu usaha untuk memberikan fasilitas di dalam rumah yang dapat menjamin agar keadaan di dalam rumah selalu bersih dan sehat. Usaha ini harus ditunjang oleh adanya penyediaan air bersih yang cukup dan pembuangan air kotoran yang lancar. Pada banguanan bertingkat diperlukan pompa air untuk menaikkan air dari sumber bawah di bawah ke bak atas yang kemudian akan mendistribusikan ke lantai bangunan yang membutuhkan. Aliran air dari bak atas ke lantai bangunan akan berjalan secara gravitasi, artinya air mengalir karena adanya beda tinggi, oleh karena itu letak bak air atas harus lebih tinggi 3 m atau lebih, dari tinggi lantai tingkat yang tinggi, agar air masih dapat mengalir ke semua lantai tingkat.

Alat pembuangan air kotor dapat berupa:
1. Kamar mandi, wahtafel, kran-kran cuci, WC dan Dapur.
Air dari kamar mandi tidak boleh di buang bersama-sama dengan air dari WC maupun dari dapur, jadi masing-masing harus dibuat pipa-pipa pembuang sendiri-sendiri. Pipa-pipa pembuangan dapat diletakkan pada satu Shaft. Bila tidak ada shaft, pipa-pipa dapat dipasang didalam kolom-kolom beton dari atas sampai bawah.Setelah sampai bawah, semua pipa/saluran pembuangan air kotor harus merupakan saluran tertutup didalam tanah, agar tidak menyebarkan bau yang tidak sedap dan mencegah tersebarnya bibit penyakit.

Bahan untuk pipa pembuangan dapat di pakai pipa galvani, pipa pralon. Bila pipa di tanam dalam kolom beton sebaiknya digunakan pipa galvani. Semua pipa di WC harus masuk terlebih dahulu ke bak septic tank, untuk proses penghancuran kotoran, kemudian baru di samakan ke sumur resapan atau riool kota bersama-sama air kamar mandi, dapur, dan kran-kran cuci.Pipa air hujan dipasang pada talang atas, sampai ke bak kontrol di bawah yang telah dipasang sepanjang saluran terbuka sekeliling bangunan.

Turunnya pipa boleh diluar dinding atau kolom, bila menghendaki tidak tampak dapat di masukkan ke dalam kolom. Pada lubang masuk di atas talang di beri saringan untuk mencegah benda-benda yang besar ikut masuk ke dalam pipa yang dapat menyumbat jalannya aliran air.

Di bawah lantai tingkat, semua pipa sanitasi di beri lubang kontrol, yang sewaktu-waktu dapat di buka bila terjadi kemacetan aliran air buangan. Lubang kontrol berupa ujung pipa yang di tutup dengan penutup yang dapat di buka secara mudah. Kebocoran pada saluran pembuang dilantai atas akan sangat mengganggu dan merugikan penghuni di lantai bawahnya. Untuk mencegah hal ini sebaiknya semua pipa pembuang di uji kerapatannya, sebelum di tutup dengan tegel, agar tidak terjadi pekerjaan pembongkaran lantai yang sudah terjadi.

Untuk jasa konstruksi bangunan hubungi kami di Wa 08126067928

Info Lainnya : Klik Tahapan Dalam Konstruksi Industri Yang Perlu Tahu di Medan

Leave a Comment