Makanan kelinci, agar Sehat dan Aktif

Makanan kelinci, agar Sehat dan Aktif

Permasalahan makanan untuk kelinci seperti kelinci giant memang masih banyak orang yang belum paham. Oleh karena itu pada artikel ini akan dibahas.

Berbicara mengenai makanan kelinci, mungkin sebagian besar menjawab wortel sebagai makanan utama kelinci. Hal ini tidak sepenuhnya salah, namun kelinci juga membutuhkan nutrisi lain yang tidak ada di dalam wortel.

Maka dari itu, penting untuk kita tahu makanan-makanan apa saja yang dibutuhkan, selain wortel. Makanan yang cocok untuk kelinci agar tetap sehat adalah,

Rumput, namun rumput yang dapat dijadikan makanan kelinci yang berjenis alfafa, timothy, rumput teki, rumput gajah, rumput kering, dan jerami. Rumput dapat memberikan serat yang cukup banyak untuk menutrisi kelinci apalagi yang sedang menyusui atau mengandung anak kelinci. Tetapi pastikan juga, rumput yang akan diberikan untuk kelinci adalah rumput yang bebas dari pupuk buatan pestisida agar kelinci tidak keracunan zat pada pupuk tersebut.

Buah apel, buah ini merupakan salah satu buah yang disukai oleh kelinci. Baik apel yang berwarna hijau dan merah dapat dijadikan makanan kelinci. Ada pula tomat, sayuran yang penuh dengan vitamin juga antioksidan yang tidak hanya dapat menjaga kesehatan dan daya tahan kelinci tetapi, juga membantu pertumbuhan kelinci muda.

Selain makanan di atas, terdapat pula beberapa buah atau sayuran yang berbahaya jika dimakan kelinci. Hal ini karena dapat membuat kelinci sakit yang dapat mengakibatkan pada kematian. Berikut beberapa makanannya, alpukat, biji buah atau rhubarb, lalu ada juga makanan kucing atau anjing, sayuran allium, selada bokor (iceberg), daun kentang dan makanan olahan manis. Beberapa makanan diatas dapat menyebabkan diare juga keracunan pada kelinci jika dikonsumsi secara tidak sengaja maupun secara teratur.

Kesimpulannya, makanan yang paling cocok untuk kelinci adalah banyak sayuran hijau juga beberapa buah yang dapat dijadikan makanan kelinci. Namun perlu diperhatikan juga sayuran hijau yang tidak cocok dijadikan pakan juga kandungan pestisida yang saat ini menempel pada sayuran walaupun telah dicuci bersih, karena pada hal ini akan membuat kelinci menjadi sakit hingga menyebabkan pada kematian kelinci.