Author Avatar

admin

0

Share post:

“Jasa Pembuatan Jendela Terbaru Beserta Harganya di Medan

Info : Klik Jasa Pembuatan Jendela Terbaru Beserta Harganya di Medan

Jasa
Kusen dan Jenis-Jenis Kusen Aluminium

Kusen adalah suatu rangka dari balok kayu atau dari bahan lainnya, seperti plastik, alumunium yang dihubungkan sedemikian rupa sesuai dengan kaidah suatu konstruksi, fungsi serta selera dari pemilik bangunan.

Fungsi utama dari kusen yaitu untuk perletakan daun pintu, jendela, kaca dan tralis, selain fungsi tersebut bentuk dan variasi kusen akan menambah keindahan atau estetika dari bangunan.

Pintu sebagai jalan keluar atau masuknya orang/barang dari satu ruangan keruangan lainnya atau dari luar rumah ke dalam rumah, selain itu berfungsi pula sebagai jalannya sirkulasi udara dan sinar penerangan matahari. Oleh karena itu pada pemasangan kusen pintu dan jendela harus benar-benar memperhatikan fungsi dari penempatan kusen pintu dan jendela dengan cermat.

Pemasangan kusen harus benar dan baik, dalam hal ini pemasangan harus tegak lurus, leveling dan bukaan pintu serta jendela sesuai dengan kondisi ruangan dan faktor keamanan. Pada prinsipnya pemasangan kusen diusahakan mempunyai ketinggian yang sama dengan kusen-kusen yang lainnya.

Kusen bisa kita bedakan antara lain:

  • Kusen pintu
  • Kusen jendela
  • Kusen penerangan/bovenlich
  • Kusen gendong

Bentuk dan variasi kusen tergantung pada pemilik bangunan, akan tetapi harus memperhatikan segi keamanan, keindahan dan paktor pembiayaan. Bentuk dan variasi kusen tidak begitu banyak, lebih banyak pada variasi daun pintu dan jendelanya serta kaca yang akan dipasang.

Jenis Kusen

Konstruksi rangka kusen pada dasarnya dibagi dalam 4 jenis

  • Kusen gendong/kombinasi yaitu kusen untuk pintu dan jendela dijadikan menjadi satu konstruksi yang utuh, biasanya ditempatkan dibagian depan rumah. Pada ruangan yang memerlukan penerangan yang lebih, seperti ruang tamu, ruang keluarga.
  • Kusen tunggal yaitu kusen untuk daun pintu saja, biasanya pada kusen tunggal bagian atasnya lubang untuk penerangan dan sirkulasi udara.
  • Kusen jendela yaitu rangka kusen untuk jendela saja, kusen jendela juga sama dengan kusen tunggal pada bagian atasnya ditambah lubang untuk penerangan dan sirkulasi udara.
  • Kusen penerangan/bovenlich yaitu rangka kusen untuk penempatan kaca atau jendela kaca yang kecil untuk penerangan dan sirkulasi udara.
Baca Juga :  Peran Baja pada Konstruksi

Jenis Profil Kusen Aluminium yang Umum di Pasaran

Berikut ini adalah contoh jenis profil kusen aluminium / alumunium yang umum banyak di temui. Profil aluminium terdapat berbagai macam merk, namun secara umum bentuknya hampir sama. Kecuali merk tertentu ya ng bagus seperti YKK mungkin bisa sedikit berbeda.

  1. Open back, ini adalah profil kusen aluminium yang banyak digunakan untuk pintu. Profil ini biasa diletakkan di tepi dinding untuk kusen pintu. Openback mempunyai salah satu bagian sisi yang terbuka, sisi y ang terbuka ini bisa ditutup dengan tutup rata atau tutup M.
  2. Profil M, profil M banyak digunakan untuk jendela kaca mati. Bentuknya seperti huruf M. Mempunyai 2 sisi sama seperti openback, sisi satunya bisa ditutup.
  3. Profil Z, saya pernah menemui tukang alu minium yang menyebut ini profil Z, namun di internet ada juga yang menyebut profil Jeep / mobilan karena be ntuknya sepertii mobil mungkin. Profil Z ini digunakan untuk kaca mati.
  4. Tutup rata, adalah untuk menutup sisi openback atau profil Z atau profil M, biasa digunakan pada kusen pintu aluminium.
  5. Tutup M, sama seperti tutup rata, untuk menutup sisi openbak atau profil M atau profil Z, namun ini biasa digunakan untuk kaca mati.
  6. Tutup Z, nama yang satu ini saya sebut demikian karena memang gunanya untuk penutup sisi pada profil Z, ada yang menyebutnya ceklokan, fungsinya untuk menutup profil Z setelah kaca mati dipasangkan.

Untuk jasa pembuatan kusen hubungi kami di Wa 08126067928

Info Lainnya : Klik Jasa Pembuatan Jendela Terbaru Beserta Harganya di Medan

Apa itu Cor Beton Balok?
Cara Memasang Pintu Besi

Leave a Comment