Bukan Hanya di Indonesia! Ini Lah Negara-negara Yang Juga Menggunakan Tangan Saat Makan

Bukan Hanya di Indonesia! Ini Lah Negara-negara Yang Juga Menggunakan Tangan Saat Makan

Biasanya seseorang makan menggunakan sendok, atau garpu jika memakan makanan jenis mie, atau dengan sumpit. Jika seseorang makan menggunakan tangan biasanya dianggap tidak sopan, ada juga memandangnya dengan aneh,  atau juga bisa dianggap jorok, juga ada yang memandang sebelah mata.

Memang makan menggunakan tangan langsung tanpa alat, dianggap tabu atau tidak sopan bagi berbagai orang atau berbagai negara. Tetapi malahan di Indonesia makan menggunakan tangan sudah menjadi tradisi dan budaya bagi masyarakat Indonesia. Bahkan sejak penjajahan, atau mungkin sejak nenek moyang kita sudah makan menggunakan tangan. Jika tidak menggunakan tangan rasanya seperti ada yang kurang dan tidak nikmat.

Seperti yang dilansir dari zonamakan.com, menyantap nasi rames yang ditemani dengan  kerupuk atau gorengan dan sambal akan terasa lebih nikmat dibanding menggunakan sendok dan garpu. Ternyata bukan hanya orang Indonesia saja yang makan menggunakan tangan telanjang tanpa alat. Ada beberapa negara yang penduduknya makan menggunakan tangan telanjang tanpa alat. Disini kita akan membahas negara yang makan menggunakan tangan.

1. India

Negara pertama yang biasa makan menggunakan tangan yaitu ada India. India merupakan salah satu negara yang sama dengan Indonesia, makan menggunakan tangan tanpa alat. Penduduk India sering menikmati makanan tidak dengan menggunakan alat makan tetapi dengan menggunakan tangan kanan.

Di India makan menggunakan tangan kiri dianggap tidak sopan oleh penduduk India. Biasanya penduduk India menikmati roti khas India seperti, canai, naan dan chapati, mereka sering kali makan menggunakan tangan tidak makan dengan alat makan. Kemudian roti itu dimakan dengan toping yang beraneka macam seperti, bisa dengan sayur-sayuran atau saus kari atau juga bisa dengan potongan-potongan daging.

2. Malaysia

Negara selanjutnya yang biasa makan menggunakan tangan yaitu ada Malaysia. Malaysia merupakan negara tetangga terdekat Indonesia, sehingga tidak salah lagi jika cara makan malaysia pun menggunakan tangan. Penduduk malaysia biasanya makan nasi lemak khas malaysia menggunakan tangan karena menurut penduduk sekitar di malaysia menggunakan tangan akan menambah kenikmatan nasi lemak tersebut. Tetapi ketika memakan makanan yang berkuah maka akan menggunakan alat makan.

3. Kenya

Negara selanjutnya yang biasa makan menggunakan tangan yaitu ada Kenya. Kenya merupakan negara di Afrika yang makan menggunakan tangan. Beberapa negara di bagian Afrika seringkali makan menggunakan tangan. Biasanya penduduk kenya menikmati makanan khas kenya menggunakan tangan seperti ugali dan ketika menikmati makanan pokok dari Afrika pun mereka selalu menggunakan tangan.  

4. Mesir

Negara selanjutnya yang biasa makan menggunakan tangan yaitu ada Mesir. Mesir merupakan negara timur tengah yang mempunyai kebiasan yang sama seperti Indonesia yaitu makan dengan menggunakan tangan. Biasanya penduduk mesir ketika menikmati makanan khas mesir menggunakan tangan seperti, kofta, fathir dan isyh. Di mesir juga menggunakan tata krama yang sama dengan Indonesia, ketika makan harus menggunakan tangan kanan karena dianggap sopan.

5. Italia

Negara selanjutnya yang biasa makan menggunakan tangan yaitu ada Italia. Italia merupakan negara eropa yang mempunyai kebiasaan sama dengan Indonesia, makan menggunakan tangan. Tetapi berbeda dengan Indonesia, jika Indonesia hampir semua makanan menggunakan tangan ketika makan, sedangkan Italia hanya ketika makan pizza saja menggunakan tangan dan itu sudah menjadi kebiasaan bagi penduduk Italia bahkan menjadi tradisi disana. Jika kalian hendak makan pizza usahakan jangan memegang bagian pinggir rotinya karena akan membuat toping diatasnya jatuh, tetapi caranya dengan melipat pizza dan memakannya.