Berapa Sih, Biaya Transfer Pulsa Telkomsel?

Biaya dan cara transfer pulsa telkomsel

Berapa Sih, Biaya Transfer Pulsa Telkomsel?

Telkomsel banyak menyediakan fitur-fitur menarik yang sangat berguna. Seperti layanan transfer pulsa antar sesama pengguna nomor Telkomsel. Fasilitas ini akan memudahkan tiap pelanggan Telkomsel mengirim pulsa dari hp-nya ke nomor Telkomsel lain misalnya ke nomor teman. Fitur ini dapat digunakan pengguna kartu Simpati, KartuAs, atau Loop. Ada biaya transfer pulsa Telkomsel yang harus ditanggung pengirim.

Prosedurnya secara umum, pengirim mentransfer pulsa dengan nominal tertentu yang dimiliki ke nomor Telkomsel lain. Selanjutnya, pulsa di nomor pengirim akan berkurang sejumlah yang ia kirimkan dan juga potongan untuk biaya transfer. Nomor penerima akan bertambah pulsanya sesuai jumlah yang dikirimkan. Meski mendapatkan tambahan pulsa namun nomor Telkomsel penerima tak akan bertambah panjang masa aktifnya. Masa aktif tetap mengikuti pulsa reguler yang dimiliki.

Biaya dan cara transfer pulsa telkomsel

Cara Transfer Pulsa Telkomsel

Transfer pulsa Telkomsel cukup bermanfaat, utamanya pada situasi mendesak yang mana penerima benar-benar memerlukan pulsa hanya saja kondisi tak memungkinkan untuknya mengisi ulang pulsa seketika itu. Kecuali itu, pengguna pun dapat mengirimkan sejumlah pulsa sebagai hadiah atau bentuk perhatian kepada seseorang. Umpamanya saja memberikan pulsa ke pacar, istri, orang-tua, atau teman dekat. Kami kutip dari SemuaTipe.com, cara transfer pulsa ke nomor Telkomsel lain tersedia 3 saluran berbeda yaitu :

Transfer dari menu UMB *858*

Mekanismenya, masuk ke aplikasi Telepon di HP. Terus coba ketikkan format berikut : *858*nomor tujuan transfer pulsa*nominal transfer#. Setelah itu ketuk tombol Panggil. Pengguna harus melakukan konfirmasi mengikuti instruksi yang ditampilkan misalnya : *858*081234567890*20#. Dari permisalan tadi, pengguna berencana hendak mengirim pulsa dengan jumlah Rp.20.000 untuk nomor Telkomsel 081234567890. Proses ini akan memotong pulsa Telkomsel pengguna sebesar Rp.20.000 + Rp.2.000 (biaya).

Transfer Pulsa Lewat SMS

Prosedur transfer pulsa Telkomsel dari SMS pastinya mudah sebagaimana mengirimkan pesan pada umumnya. Dari aplikasi SMS di Hp, coba ketikkan SMS dengan format :TPULSA(spasi)nominal transfer pulsa lalu kirim SMS itu ke nomor Telkomsel penerima. Proses ini pun akan langsung mengurangi pulsa dari nomor pengirim dan juga dipotong untuk biaya transfer.

Transfer dari kode *858#

Untuk cara transfer pulsa dari kode *858# dilakukan dengan membuka aplikasi Phone di Hp. Masukkan kode *858# lalu tekan tombol Panggilan. Dari daftar menu yang tertera di layar, pelanggan haru mengetikkan angka 1 sebagai pilihan untuk menu Transfer Pulsa. Berikutnya input nomor Telkomsel penerima dan juga berapa nilai pulsa yang akan diberikan. Begitu keluar pemberitahuan di layar, ketikkan angka 1 sebagai langkah konfirmasi. Nomor pengirim maupun penerima pun akan mendapatkan SMS pemberitahuan dari 858 bila transaksi ini berhasil.

Persyaratan Transfer Pulsa Telkomsel

Agar bisa melakukan pengiriman pulsa ke nomor Telkomsel lain, beberapa ketentuan harus dipenuhi. Yang pertama, fitur ini cuma bisa digunakan bagi pengguna kartu Simpati, Kartu As, atau Loop. Kemudian untuk jumlah pulsa yang dikirimkan paling sedikit harus Rp.5.000. Ketentuan lainnya, jumlah transaksi per hari paling banyak 100 kali dimana jumlah keseluruhan pulsa sebesar Rp1.000.000. Diharuskan pula kartu Telkomsel pengirim dan kartu penerima masih aktif atau berada dalam masa tenggang.

Paling sedikit sisa pulsa yang dimiliki nomor pengirim harus Rp5.000 setelah transfer pulsa diselesaikan. Seperti telah disebutkan, pulsa yang diterima tak akan menambah masa aktif nomor penerima. Lalu nomor penerima bila kebetulan sedang berada di masa tenggang maka ia pun belum dapat menggunakan pulsa kiriman tersebut hingga mengisi ulang pulsa secara reguler.

Biaya Transfer Pulsa Telkomsel

Terkait biaya transfer pulsa dari menu UMB *858# maupun MyTelkomsel ditetapkan sesuai besaran pulsa yang ditransfer tersebut. Pelanggan yang melakukan transfer pulsa dari Rp.5.000 – Rp.19.000 dikenakan biaya sebesar Rp1.850 tiap kali proses. Adapun untuk transfer Rp.20.000 dan di atasnya akan dikenakan biaya Rp2.000 per transaksi.

Biaya transfer pulsa Telkomsel ternyata lebih besar dibanding bila pengguna membeli pulsa di penjual pulsa yang biasanya hanya dikenakan biaya tambahan sebesar Rp.1.500. Karena itu fitur transfer pulsa Telkomsel memang digunakan untuk situasi-situasi tertentu seperti mengirim pulsa ke teman yang sedang butuh sementara ia tak dapat mengisi ulang pulsa secara biasa.

Nominal Pulsa dan Masa Aktif Kartu Telkomsel

Saat isi ulang pulsa otomatis masa aktif kartu Telkomsel akan diperpanjang. Misalnya kartu Simpati, isi ulang tersebut akan memperpanjang masa aktif secara akumulatif artinya ditambahkan dengan masa aktif yang tersisa. Besarnya nominal isi ulang pulsa akan menentukan panjang masa aktif yang diperoleh pengguna. Selengkapnya adalah sebagai berikut :

  1. Pulsa sebesar Rp5.000 = 7 hari
  2. Pulsa sebesar Rp10.000 = 15 hari
  3. Pulsa sebesar Rp.15.000 = 20 hari
  4. Pulsa sebesar Rp.20.000 = 30 hari
  5. Pulsa sebesar Rp.25.000 = 30 hari
  6. Pulsa sebesar Rp.30.000 = 30 hari
  7. Pulsa sebesar Rp.50.000 = 45 hari
  8. Pulsa sebesar Rp.100.000 = 60 hari
  9. Pulsa sebesar Rp.150.000 = 120 hari
  10. Pulsa sebesar Rp.200.000 = 150 hari
  11. Pulsa sebesar Rp.300.000 = 180 hari

Leave a Reply