Author Avatar

admin

0

Share post:

Apa itu Proses Gurdi?

Pembuatan Lubang Bulat

Proses Gurdi adalah proses pemesinan yang paling sederhana diantara proses pemesinan yang lain. Biasanya di bengkel atau workshop proses ini dinamakan proses bor, walaupun istilah ini sebenarnya kurang tepat. Proses gurdi dimaksudkan sebagai proses pembuatan lubang bulat dengan menggunakan mata bor (twist drill).

Sedangkan proses bor (boring) adalah proses meluaskan/ memperbesar lubang yang bisa dilakukan dengan batang bor (boring bar) yang tidak hanya dilakukan pada mesin drilling, tetapi bisa dengan mesin bubut, mesin frais, atau mesin bor.

Pada proses gurdi beram (chips) harus keluar melalui alur helix pahat gurdi ke luar lubang. Ujung pahat menempel pada benda kerja yang terpotong, sehingga proses pendinginan menjadi relatif sulit. Proses pendinginan biasanya dilakukan dengan yang dilubangi dengan cairan pendingin, atau disemprot dengan cairan pendingin, atau cairan pendingin dimasukkan melalui lubang di tengah mata bor.

Karakteristik proses gurdi agak berbeda dengan proses pemesinan yang lain, yaitu  beram harus keluar dari lubang yang dibuat · Beram yang keluar dapat menyebabkan masalah ketika ukurannya besar dan atau kontinyu · Proses pembuatan lubang bisa sulit jika membuat lubang yang dalam· Untuk pembuatan lubang dalam pada benda kerja yang besar, cairan pendingin dimasukkan ke permukaan potong melalui tengah mata bor.

Untuk konsultasi proses pembuatan lubang plat besi hubungi kami di Wa 08126067928

Info Lainnya : Klik Jasa Lubang Plat Besi di Medan

Baca Juga :  Pengertian Plat Hitam atau Plat Eser
Apa itu Machining Process?
Apa itu Pemotongan Laser?

Leave a Comment