Author Avatar

admin

0

Share post:

“Pilihan Jasa Pengaspalan Berkualitas Di Indonesia di Medan

Info : Klik Pilihan Jasa Pengaspalan Berkualitas Di Indonesia di Medan

Pilihan

Alasan Mengaspal Jalan

Jalan raya merupakan prasarana transportasi darat yang memegang peranan yang sangat penting
dalam sektor perhubungan, terutama untuk kesinambungan distribusi barang dan jasa maupun
perpindahan manusia yang dianggap paling efisien dan murah. Keberadaan jalan raya sangatlah
diperlukan untuk menunjang laju pertumbuhan ekonomi, pertanian, sosial, budaya dan sektor
lainnya. Oleh karenanya, pemerintah dewasa ini terus meningkatkan dan mengembangkan
pembangunan infrastruktur terutama jalan dengan harapan tidak lagi ada daerah yang terisolasi dan
kesejahteraan di setiap daerah akan meningkat.

Namun sering kali pembangunan jalan tidak disertai dengan pemeliharaan yang baik, sehingga menimbulkan berbagai macam permasalahan. Kerusakan jalan merupakan salah satu permasalahan kompleks yang terjadi hampir di setiap daerah di Indonesia. Tidak jarang kerusakan jalan ini terjadi sebelum masa akhir rencana umur jalan dan pada umumnya kerusakan-kerusakan yang timbul tidak disebabkan oleh satu faktor saja, tetapi merupakan
gabungan dari faktor penyebab yang saling terkait. Oleh karena itu, kelalaian atas kerusakan yang kecil
akan menimbulkan kerusakan yang jauh lebih besar.

Kerugian yang diderita akibat dari kerusakan jalan sungguh besar terutama bagi pengguna jalan, seperti terjadinya waktu tempuh yang lama, kemacetan, kecelakaan lalu lintas dan lain-lain. Kerugian secara individu tersebut akan menjadi akumulasi kerugian ekonomi global bagi daerah tersebut. Selain itu, kerusakan jalan akan mengakibatkan biaya pemeliharaan menjadi tinggi jika dibiarkan terus menerus sehingga porsi anggaran pembangunan infrastruktur jalan terserap banyak untuk kegiatan pemeliharaan.

Padahal di sisi lain, kemampuan pembiayaan pemerintah untuk infrastruktur jalan sangat terbatas dan cenderung semakin berkurang sehingga mengakibatkan terbengkalainya kegiatan pemeliharaan jalan, apalagi pembangunan jalan baru. Besarnya investasi untuk sektor jalan dapat dihemat apabila kualitas infrastruktur jalan yang dibangun mampu dipertahankan dalam kondisi baik sehingga tujuan pemerintah dalam penyediaan akses kepada masyarakat secara lebih luas dan merata dapat tercapai.

Baca Juga :  Target Pembangunan Perumahan di Indonesia

Namun, sejauh ini penanganan kerusakan konstruksi perkerasan jalan baik yang bersifat pemeliharaan, peningkatan maupun rehabilitasi, belum dapat dilakukan secara maksimal. Segala upaya yang telah dilakukan dengan terjadinya kerusakan terkesan seolah-olah saling mengejar. Hal ini kemungkinan terjadi karena pemeliharaan hanya dilakukan terhadap kerusakan secara fisik saja tanpa mengevaluasi lebih lanjut mengenai kemungkinan faktor penyebab lain yang harus diantisipasi agar perkerasan jalan tidak mengalami kerusakan yang sama.

Oleh karena itu, dalam penulisan ini akan diuraikan kerusakan-kerusakan jalan dan berbagai faktor penyebab terjadinya kerusakan tersebut pada beberapa daerah di Indonesia berdasarkan hasil penelitian terdahulu. Selanjutnya data yang terhimpun akan disimpulkan sehingga diperoleh kerusakan paling dominan terjadi dan faktor-faktor penyebab paling utama dalam kerusakan dini serta usulan penanganan yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang terjadi.

Selain itu, tulisan ini akan mengulas mengenai hubungan kerusakan perkerasan jalan dengan biaya penanganan berdasarkan hasil penelitian terdahulu. Namun, tulisan ini dibatasi kerusakan terhadap perkerasan lentur saja. Berdasarkan analisis dan usulan solusi yang dihasilkan, diharapkan dapat membantu pemerintah agar mampu mempertahankan mutu perkerasan jalan selama masa layanannya sehingga mengurangi biaya pemeliharaan yang harus dikeluarkan dan kerugian yang mungkin terjadi.

Untuk jasa pengaspalan hubungi kami di Wa 08126067928

Info Lainnya : Klik Pilihan Jasa Pengaspalan Berkualitas Di Indonesia di Medan

Cara Pembuatan Pagar Panel Beton
Proses Bubut (Turning)

Leave a Comment