Author Avatar

admin

0

Share post:

“3 Jenis Konstruksi Yang Sangat Populer di Medan

Info : Klik 3 Jenis Konstruksi Yang Sangat Populer di Medan

3

Konstruksi Struktur dan Fasilitas Gedung

Pelat Lantai (Floor Plate)

Yang di maksud pelat lantai adalah yang terletak di atas tanah langsung jadi merupakan lantai tingkat. Pelat lantai ini di bentuk oleh balok-balok yang bertumpu pada kolom-kolom bangunan.

Guna pelat lantai adalah :

Memisahkan ruang bawah dan atas,

  •     Sebagai tempat berpijak penghuni di atas,
  •    Untuk menempatkan kabel listrik dan lampu pada ruang bawah,
  •     Meredam suara dari ruang atas maupun ruang bawah dan
  •     Menambah kekakuan bangunan pada arah horisontal.

Kuat lantai harus direncanakan: kaku, rata, lurus dan waterpas (mempunyai ketinggian sama; tidak miring), agar terasa mantap dan enak untuk berpijak kaki.

Ketebalan pelat lantai ditentukan oleh: beban yang harus didukung, besaran lendutan yang di izinkan, lebar bentangan atau jarak antara balok-balok pendukung, bahan konstruksi dari pelat lantai.

Pada pelat lantai banya diperhitungkan adanya beban tetap saja yang bekerja tetap dalam waktu yang lama. Sedang beban tak terduga seperti gempa, angin,  getaran tidak di perhitungkan.

Bahan untuk pelat lantai dapat terbuat dari:

1.      Kayu,
2.      Beton dan
3.      Baja.

Pelat lantai dari baja umumnya hanya untuk bangunan gudang, bengkel atau bangunan khusus yang dapat di pesan dari perusahaan baja atau bengkel besi.

Pelat lantai dari beton bertulang umumnya di cor ditempat ,bersama sama balok penumpu dan kolom pendukungnya. Demikian akan diperoleh hubungan yang kuat yang menjadi satu kesatuan, hubungan ini disebut jepit-jepit. Pada pelat lantai beton di pasang tulangan baja pada kedua arah,tulangan silang untuk menahan momen tarik dan lenturan. Untuk mendapatkan hubungan jepit-jepit, tulangan pelat lantai harus di kaitkan kuat pada tulangan balok pengampu.

Pelat lantai dari beton mempunyai banyak keuntungan, antara lain adalah:

  1.   Mampu menahan beban besar,
  2. Merupakan isolasi suara yang baik,
  3.  Tidak dapat terbakar dan dapat dibuat lapisan kedap air, jadi di atasnya boleh di buat dapur dan kamar mandi,
  4. Dapat dipasang tegel untuk keindahan lantai,
  5. Merusakan bahan yang kuat dan awet, tidak perlu perawatan dan dapat berumur panjang.

Untuk menghindari lenturan yang besar, maka bentangan pelat lantai tidak dibuat terlalu lebar, untuk ini dapat di beri balok-balok sebagai tumpuan yang juga berfungsi menambah kekuatan pelat. Bentangan pelat yang besar juga akan menyebabkan pelat menjadi terlalu tebal dan jumlah tulangan yang dibutuhkan akan menjadi lebih banyak, berarti berat bangunan akan menjadi lebih besar dan harga persatuan luas akan menjadi mahal.

Pelat lantai dari beton umumnya dicor di tempat. Untuk ini diperlukan pekerjaan bekesting, yaitu membuat cetakan dari papan kayu yang di dukung oleh tiang tiang perancah. Cetakan ini berfungsi untuk menahan tulangan dan adukan beton yang masih basah yang belum mempunyai kekuatan dan juga memberi bentuk agar ukuran beton sesuai dengan yang di rencanakan.

Pada pelat lantai beton yang bawahnya tidak di pasang plafon, maka kabel kabel listrik harus di tanam di bawah betonnya, jadi  sebelum pekerjaan cor di mulai, semua kabel jaringan listrik sudah terpasang rapi di atas papan cetakan. Untuk menggantungkan bola lampu dapat di pasang papan kayu kecil yang tertanam didalam betonnya.

Bagian pelat lantai untuk ruangan dibuat rata atas dengan balok penumpunya,tapi pada ruangan kamar mandi harus di buat rata bawah, jadi pelat lantai kamar mandi lebih rendah daripada lantai ruangan. Beda lantai ini dimaksudkanuntuk meletakkan pipa sanitasi agar dapat tertanam  dan menyebabkan merembesnya air ke ruangan lain apabila pelat lantai kamar mandi ternyata bocor.

Untuk membongkar bekesting harus menunggu sampai betonnya menjadi keras dan kuat mendukung beban diatasnya.jika tidak ditentukan lain, pembongkaran bekesting hanya boleh setelah beton berumur 3 minggu. Untuk mencegah kepingan plat lepas saat bangunan digoncang gempa, maka kepingan plat harus dibuat menyatu dengan baloknya.

Caranya:

Tulangan pada kepingan plat harus dilebihkan keluar yang nantinya di lilitkan pada stek-stek tulang yang sudah disiapkan pada baloknya, sehingga dengan demikian dapat dijamin adanya hubungan yang baik antara kepingan plat dan balok penumpunya.

Untuk jasa konstruksi hubungi kami di Wa 08126067928

Info Lainnya : Klik 3 Jenis Konstruksi Yang Sangat Populer di Medan

Pelindung Tubuh Saat Konstruksi

Leave a Comment