4 Bunga yang Dapat Menyerap Polusi

Bunga Krisan

4 Bunga yang Dapat Menyerap Polusi

Selain dapat mempercantik halaman rumah atau kantor Anda, beberapa bunga juga memiliki kemampuan untuk menyerap polutan. Seperti asap kendaraan bermotor, asap pabrik, dan lain sebagainya.

Hal ini tentu sangat berguna bagi rumah-rumah di daerah perkotaan yang rentan terkena polusi udara dan semacamnya. Jadi dapat tetap hidup sehat di antara banyaknya polusi yang menyebar. Berikut adalah beberapa bunga yang dapat menyerap polutan.

 

1. Bunga Peace Lily

Bunga ini sebenarnya berbeda dari bunga lily biasanya. Hal ini karena memang bunga ini tidak masuk dalam anggota Lilium sp., melainkan berasal dari Araceae. Ciri-cirinya yaitu berwarna putih dengan benang sari yang menonjol ke luar.

Tanaman satu ini dapat menyerap berbagai polutan dan zat-zat yang berbahaya di udara. Seperti benzena, toluena, xilena, trikloroetilena, serta formaldehid. Hal ini mengakibatkan bunga peace lily sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias di sekitar hunian Anda.

Cara merawat tanaman ini bisa dibilang mudah-mudah susah. Pastikan menyiramnya secara rutin karena bunga ini membutuhkan kelembaban tinggi untuk tumbuh subur. Selain itu pastikan cahaya matahari yang diperolehnya cukup. Jika terlalu banyak dapat mengakibatkan daunnya pucat dan layu.  

2. Bunga Krisan

Bunga Krisan

Selain banyak dijumpai pada karangan bunga seperti papan bunga, bunga pemakaman, bahkan bucket bunga, bunga krisan juga dapat dijadikan tanaman hias di hunian Anda, Hal ini karena bunga satu ini dapat menyerap berbagai macam polutan.

Beberapa zat berbahaya yang dapat diserap oleh bunga krisan antara lain : formaldehid, amonia, benzena, serta xylene. Bunga satu ini sangat menyukai cahaya matahari, sehingga akan sangat cocok sebagai pelengkap desain eksterior rumah Anda. Seperti diletakkan pada taman atau teras rumah.

Cara menanam bunga ini terbilang cukup mudah. Anda bisa menggunakan metode menanam biji, stek, maupun pembagian akar. Masa berbunga dari krisan ini bisa dibilang cukup lama, jadi hunian Anda akan terlihat selalu Indah dan bebas polutan dengan bunga ini.

 

3. Bunga Gerber Daisy atau Gerbera

Anda akan sering menjumpai bunga satu ini sebagai bunga potong dan pelengkap karangan maupun bucket bunga. Hal ini karena bentuk dan warna-warni dari bunga gerber daisy yang sangat indah dan menarik.

Ternyata, bunga gerbera ini juga dapat dimanfaatkan sebagai penyerap polutan di udara. Beberapa zat kimia yang dapat diserap salah satunya yaitu triklorotilena yang terdapat pada produk sabun cuci.

Bunga ini sangat cocok ditempatkan di area kamar mandi atau dapur. Selain itu, bunga ini juga dapat ditempatkan di kamar tidur untuk membuat tidur lebih nyenyak. Sebab pada malam hari gerbera mengeluarkan oksigen dan menyerap karbondioksida serta racun.

 

4. Bunga Anggrek Bulan

Bunga Anggrek Bulan

Bentuk dan warnanya yang indah, membuat bunga ini menjadi favorit hampir semua orang sebagai tanaman hias di huniannya. Namun selain sebagai dekorasi, ternyata bunga anggrek bulan dapat berfungsi sebagai penyerap polutan di udara.

Bunga ini dapat menghasilkan oksigen di malam hari dan menyerap karbon dioksida yang berada di udara. Selain itu, bunga anggrek bulan dapat menyerap xylene yang biasanya berasal dari cat tembok dan asap rokok.

Anda bisa menanam bunga ini dengan cara dimasukkan ke dalam pot, kemudian diletakkan di lantai ataupun digantung. Cara merawatnya pun cukup mudah, yaitu hanya perlu disiram apabila tanah atau medianya mulai terlihat kering, jadi tidak perlu terlalu sering disiram.