Author Avatar

admin

0

Share post:

3 Jenis Plat Coil dan Pemanfaatannya

Supplier Besi Baja di Medan, – Jual Besi Plat Coil , Jual Besi Hbeam – Besi Wf- Besi Pipa – Besi Cnp – Besi Unp – Besi Siku – Besi Wiremesh – Besi Kanal C & U – Baja Ringan – Besi Nako – Besi Ulir – Besi Cakar Ayam – Besi Bulat – Besi Assental TerLengkap – Termurah – Terpercaya Di Medan. -> Hubungi kami di Wa 08126067928.
Info : Klik Jual Besi Plat Coil di Medan

Jual

Di dunia industri, plat coil umum digunakan dalam banyak hal. Misalnya untuk industri otomotif maupun pabrik pembuatan alat berat. Plat coil umumnya berbentuk lembaran dan diproses dari bahan galvalum atau baja yang dilapis chrome. Berikut adalah informasi yang bisa disimak mengenai jenis plat coil dan pemanfaatannya.

3 Jenis Plat Coil dan Pemanfaatannya
Secara umum ada beberapa jenis plat baja yang bisa dijumpai di pasaran. Namun demikian, ada dua jenis plat yang umum dipesan dalam dunia industri, yaitu:
a. Baja hitam
Produksi baja hitam umumnya berhubungan dengan hot rolled coil. Proses pembuatan produk ini umumnya dengan panas tinggi yang disertai dengan pengawetan dan proses meminyaki produk dalam suhu tinggi agar produk lebih tahan lama dan memiliki ketebalan yang sesuai kebutuhan.
b. Baja putih
Model baja yang satu ini dibentuk dengan sistem pendinginan, dimana rata-rata tabiat baja yang dibentuk hendak lebih kecil serta berwujud papar. Produk ini rata-rata banyak selaku materi dasar pembuatan kaleng hidangan ataupun kaleng cat yang dari luar ada dataran kecil tetapi resistan apitan serta resistan lama.
c. Baja plain carbon
Sesuai dengan namanya, jenis baja yang satu ini umumnya diproduksi dalam bentuk plat coil dengan kandungan molekul carbon yang cukup tinggi. Dari segi pengepakan, jenis baja plain carbon lebih ringan dan umumnya digunakan untuk industri yang memiliki tujuan komersial.

Aspek yang dipertimbangkan sesuai tujuan penggunaan. Ketika sebuah perusahaan menjalin kerjasama dengan perusahaan yang memproduksi plat coil dari baja, ada banyak tujuan penggunaan yang diinginkan. Tujuan tersebut akan disesuaikan dengan beberapa aspek, yaitu:
a. Bentuk
Bentuk produk baja yang akan dibeli umumnya mempengaruhi kualitas produk yang akan dibuat dan tingkat kesulitan selama pembuatan produk yang diinginkan. Oleh karena itulah pembelian secara plat coil akan lebih dipilih daripada bentuk lembaran atau wire jika yang akan dibuat adalah lempengan badan mobil, motor, atau produk lainnya.
b. Ketebalan
Baja dalam bentuk plat coil bisa diproduksi dalam tingkat ketebalan yang berbeda-beda. Secara umum, ketebalan plat coil baja putih bisa berkisar antara 0.2 hingga 3mm. Sedangkan untuk hot coil bisa lebih besar tergantung dari permintaan yang diterima pabrik produksi plat coil.
c. Pengelasan
Ketika sebuah perusahaan membutuhkan plat coil, umumnya hal tersebut berhubungan dengan kemudahan untuk pengelasan. Kecepatan dan kemudahan selama pengelasan sendiri berhubungan dengan waktu yang akan dibutuhkan untuk pembuatan barang yang berasal dari bahan baja dan berapa jumlah produk yang bisa dihasilkan dari satu gulungan plat coil yang dipesan.

Baca Juga :  Harga Plat Coil di Medan

Manfaat plat
Membahas tentang jenis plat coil dan pemanfaatannya, jika Anda bertanya apa saja sebenarnya manfaat plat coil yang ditemukan di pasar produksi baja, maka sesungguhnya akan ada banyak manfaat yang bisa diperoleh, seperti:
a. Zinc coating
Ketika Anda pernah melihat industri yang berhubungan dengan pembuatan produk dari bahan besi dan seng, untuk menghindari korosi maupun masalah lainnya, bahan dasar tersebut akan dilapis dengan baja yang memiliki ketebalan tertentu. Selain menambah kekuatan pada tekanan, besi atau seng yang dilapis baja memiliki harga jual yang lebih tinggi.
b. Porcelain coating
Dalam industri pembuatan produk yang berbahan porcelain atau keramik, ada proses yang melibatkan plat baja, yaitu porcelain coating. Pelapisan menggunakan baja ini umumnya bertujuan untuk meningkatkan ketahanan produk terhadap bahan yang korosif dan beragam hal lain yang mudah merusak kualitas produk porcelain.
c. Tin-mill black plate
Dalam industri makanan kaleng, umumnya bahan yang digunakan sebagai tempat makanan perlu memiliki standar khusus yang membuat makanan tetap higienis, bisa disimpan dalam waktu lama, dan tidak terkontaminasi partikel bahan penyimpannya sebelum digunakan. Oleh karena itulah bahan baja plat digunakan untuk pembuatan tin mill (biasanya menggunakan baja hitam).
d. Annealed sheet
Industri yang memproduksi produk-produk otomotif umumnya juga memerlukan produk baja plat coil yang akan digunakan sebagai annealed sheet. Selain bertujuan menguatkan produk, jenis baja yang diolah menjadi annelaed sheet akan membuat tampilan akhir produk otomotif lebih menarik dan berkualitas.
e. Pipa fabrikasi
Pabrik yang beroperasi di bidang makanan, pembuatan cat, atau industri lain umumnya ada yang membutuhkan pipa fabrikasi. Pipa-pipa ini umumnya akan digunakan untuk mengalirkan cairan, gas, maupun menghubungkan pipa satu dengan pipa lain untuk presisi dan mencegah bahan yang mengalir dalam pipa dari kebocoran.
f. Bejana bertekanan
Ketika berhubungan dengan industri farmasi atau industri makanan, umumnya plat baja dalam bentuk coil bisa dimanfaatkan untuk pembuatan bejana bertekanan. Bejana bertekanan ini bisa digunakan untuk menjaga proses produksi cairan atau bahan lain yang dimasukkan ke dalamnya selesai tepat waktu tanpa mengalami bahaya kebocoran.
g. Konstruksi boiler
Ketika kita membicarakan industri yang membutuhkan produk boiler, plat coil dari bahan baja juga bisa dimanfaatkan untuk membuat konstruksi boiler yang ketebalannya disesuaikan dengan bahan yang dimasukkan di dalamnya.

Hubungi kami di Wa 08126067928

Info Artikel Lainnya : Klik Jual Besi Plat Coil di Medan

Apa yang dimaksud dengan Schedule Pipa?
Jual Plat Boiler di Medan

Leave a Comment